Infotraining Indonesia | Pusat Informasi Pelatihan dan Training di Indonesia TRAINING COST REDUCTION, MARGIN IMPROVEMENT | Informasi Training di Indonesia
TRAINING COST REDUCTION, MARGIN IMPROVEMENT

TRAINING COST REDUCTION, MARGIN IMPROVEMENT

Jun 14, 2019 / By : / Category : Keuangan

TRAINING COST REDUCTION, MARGIN IMPROVEMENT

Training Smart On Leaning Your Operation Cost

Training Pengenalan Cost Reduction, Margin Improvement

training smart on leaning your operation cost murah

Sasaran Workshop:
1. Mereduksi biaya manufaktur hingga 5% (hingga US$ 100k) atau lebih.
2. Membangun tim kerja yang berorientasi pada hasil dan proses.
3. Mereduksi biaya yang terlacak dalam laporan keuangan.
4. Standarisasi kinerja yang terukur.
5. Komunikasi bebas konflik.

Materi Workshop
Modul ini diperuntukan bagi Advance Stage, setelah peserta memahami prinsip dasar Lean Manufacturing. Ini modul penting bagi organisasi dalam mengupayakan kekuatan dan keprimaan di pasar yang semakin kompetitif. Sebab perlu diketahui bahwa tidak semua kegiatan improvement menghasilkan cost reduction.

1. BE ASSERTIVE LEADER, DETERMINE AS LIKE CHAMPION
Menjadi tegas adalah bukan soal genetika. Menjadi pemimpin itu dapat dipelajari. Pemimpin yang tegas bukanlah pemimpin agresif. Tegas adalah menjadikan sesuatu yang abu-abu menjadi jelas, sikap yang perlu dimiliki oleh setiap pemimpin lini kerja dan para manajer. Modul yang berisi pembekalan cara berfikir yang benar, berkata-kata yang benar, bertanya yang benar, memberikan gambaran yang jelas dan disiplin dalam mewujudkan pencapaian target yang dicanangkannya.

Ketegasan juga perlu dipoles dengan antusiasme. Sebab setiap pemimpin lini kerja perlu mempengaruhi seluruh komponen yang menjadi tanggung jawabnya, agar seluruh sumberdaya mengalir menuju satu arah yang sama bagi pencapaian gemilang. Modul yang dilengkapi Meta Model NLP, agar peserta mampu berkomunikasi dengan efektif dan berkemampuan menyematkan kesungguhan dalam bertindak kepada seluruh tim kerja.

Mengapa seorang Petinju tidak merasakan sakit saat berada di dalam ring? Mengapa Pebulutangkis begitu bersemangat ketika ada di lapangan untuk meraih nilai, dan baru merasa kelelahkan saat pertandingan usai? Semangat memenangkan sebuah pertarungan, itu jawabannya. Memenangkan pertarungan bukan berarti selalu kemenangan, tetapi bagaimana bermain cantik dan riuhnya suara tepuk tangan penonton, menyemangati pemain yang pantang menyerah, itu adalah inti semangat juara. Kesungguhan perjuangan gigih, penuh semangat juang untuk mencapai hasil baik. Sebab seorang pemimpin haruslah memiliki mental juara, mental 4E: Energy, Energizer, Edge dan Execution. Semangat pantang menyerah bagi hasil terbaik. ‘Fight likes tiger and Winning as Champion’.

2. UNDERSTANDING MANUFACTURING COST STRUCTURES
Pada modul ini peserta akan mempelajari struktur biaya operasi produksi, baik yang variable maupun yang fix. Peserta akan dipandu untuk mengetahui pareto struktur biaya, pada cost center yang mana sebaiknya memberikan prioritas tindakan bagi reduksi biaya; Labor cost, Energy Cost, Utility Cost, Maintenance Cost, Consumable Materials, dan Quality Cost. Berangkat dari prioritas inilah maka peserta akan dengan mudah memilah dan mementukan prioritas tindakan bagi turunnya biaya yang signifikan, 20% tindakan bagi 80% hasil.

3. ADMINISTRATION MAPPING
Administration Mapping adalah modul yang berisi workshop langsung terjun ke lini operasi. Peserta akan diajak untuk memetakan aktivitas pekerjaan yang saat ini berlangsung, alokasi waktu bagi pekerjaan tersebut, dokumentasi, aliran informasi, keterlibatan manusia, kegiatan pertemuan dan biaya yang terkait dalam operasi tersebut. Tahukan Anda ada berapa lembar laporan pada satu lini bagian yang menjadi tanggung jawab Anda? Apakah Anda mengetahuinya persis berapa lembar form yang beredar saat ini di lini kerja Anda? Berapa orang yang terlibat dalam aktivitas tersebut? Anda pasti akan terkejut ketika mengetahui form-form tersebut dibuat hanya untuk keperluan pemenuhan Auditor yang sebenarnya bila dicermati, dan banyak dari form tersebut sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kepuasan pelanggan Anda, apalagi terkait dengan kegiatan continues improvement bagi berkurangnya biaya operasi departmen Anda.

4. RESOURCES MAPPING
Modul Resources Mapping berisi pemetaan terhadap seluruh sumberdaya dalam proses operasi untuk menghasilkan produk. Sumberdaya itu adalah Materials, Energy, People, Investment, Equipment, Time dan Money. Bagaimana Anda mengukurnya agar input menghasilkan output yang setinggi-tingginya?
* Apakah Anda telah menerapkan Materials Balance untuk memonitor tingkat Yield?
* Apakah Energi yang Anda pergunakan telah menghasilkan produk sesuai dengan panduan rekayasa proses, ketika produk tersebut dirumuskan dalam product costing?
* Apakah Anda telah mengukur tingkat produktivitas pekerja dalam rumusan Labor Efficiency?
* Apakah tingkat pengembalian investasi telah Anda evaluasi tingkat pengembaliannya?
* Bagaimana dengan tingkat efisiensi alat kerja Anda? Apakah telah sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dituliskan dalam rancangan inventasi?
* Bagaimana dengan alokasi waktu dan biaya, apakah telah efektif?

Melalui pendekatan teknik industri, peserta akan diajak untuk menelusuri rangkaian pembelajaran yang mendalam tentang semua itu; time study, man & machine, unit consumption, index unitary dan bagaimana menyingkapi data-data tersebut bagi tercapainya biaya operasi yang kompetitif. Modul yang akan memberikan pemahaman tentang flexibilitas proses produksi, bukan berdasarkan besarnya volume, tetapi bagaimana bekerja dengan biaya yang kompetitif, waktu yang cepat dan hasil yang optimal.

5. MONITORING RESULT & STANDARDIZATION
Meramu pengetahuan dari Mr. Jim Rohn, Mr. Brian Tracy dan Mr. Antony Robbins tentang ‘Goal Setting’; yang tidak saja SMART tetapi ‘Go Beyond Border’. Modul yang akan menjadikan para peserta mampu menuliskan goal mereka, sekaligus memonitor kemajuan dan pencapaiannya; keselarasan dalam bertindak dan juga kesunguhan dalam tindakan. Rumusan goal setting inilah yang nantikan akan dibakukan untuk menjadi KPI’s (Key Performance Indicator’s), sehingga pengukuran pencapaian menjadi jelas dan terarah bagi penurunan biaya operasi manufaktur. Rumusan tersebut menjadi panduan yang disebut dengan Balance ScoreCard. Sebuah alat strategic performance management yang terstruktur, seperti yang dikemukakan oleh Dr. Robert S. Kalpan. Bagaimana agar rumusan tindakan menurunan biaya operasi tidak saling berebut kepentingan dan bertabrakan? Bagaimana seluruh tim kerja menjadi sinergi dalam berupaya mencapai biaya yang komptitif? Melakukan pemetaan, deployment, dan cascading sasaran bertindak dengan penyajian
yang sederhana dan jelas akan menuntun seluruh elemen orgainsasi terangkat dan sepakat dalam satu semangat, yaitu mereduksi biaya operasi.

Peserta Workshop:
1. Top Management
2. Senior Manager
3. Manajer Lini
4. Supervisor kunci dan
5. Tim Kaizen ‘Continuous Improvement’

Fasilitator:
WAWANG SUKMORO
MOTIVATOR PRODUKTIVITAS

Penulis buku:
1. Turning Loss Into Profit, Terobosan untuk Mendongkrak Kinerja; Penerbit: Gramedia Pustaka, 2010.
2. Berhasil, Bertumbuh Lebih Maju ke Posisi Terbaik yang Anda Harapkan; Penerbit: Mitra Prima Publisher, 2010.
3. Turning Job Vancancies to be Your Desire Job; Penerbit: Online Mitra Prima Publisher, 2011.

Pembicara Publik & Coach: Excellence Supervisory, Management & Leadership; Lean Manufacturing; Lean Six Sigma; Total Productive Maintenance; Cost Reduction, Improving Margin; Quality Management System ISO 9001 & OHSAS 18001; Motivational & Personal Development.

Experience Qualifications: 19 tahun bekerja di Multi Industri pada Perusahaan Multinational, lebih dari 10 tahun di Posisi Senior Manager.

Metal: PT. SUMBER CIPTA KARYA BAKTI.
Packaging: PT. REXAM MULOX.
Minerals & Chemical: PT. COATES BROTHER & PT. SIBELCO LAUTAN MINERAL.
Food & Bevarages: PT. HEINZ ABC INDONESIA.
Cables Electricity: PT. PRYSMIAN CABLES INDONESIA.

Education Qualification: Certified NLP Practitioner; KAIZEN Engineer; BlackBelt LEAN Six Sigma; Lead Auditor ISO 9001 & OHSAS 18001; Practitioner Balance ScoreCard; Facilitator Team Building; Master NLP (certification on progress); Business Coaching (certification on progress).

 

 

Jadwal training cost reduction, margin improvement terbaru :

· 15 – 17 Januari 2019

· 12 – 14 Februari 2019

· 12 – 14 Maret 2019

· 9 – 11 April 2019

· 7 – 9 Mei 2019

· 18 – 20 Juni 2019

· 9 – 11 Juli 2019

· 6 – 8 Agustus 2019

· 3 – 5 September 2019

· 24 – 26 September 2019

· 8 – 10 Oktober 2019

· 22 – 24 Oktober 2019

· 5 – 7 November 2019

· 3 – 5 Desember 2019

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta training pengenalan cost reduction, margin improvement terbaru

Lokasi training smart on leaning your operation cost terbaru :

· Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)

· Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)

· Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)

· Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)

· Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas training pengenalan cost reduction, margin improvement murah :

· FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)

· FREE Akomodasi Peserta ke tempat pelatihan bagi peserta training smart on leaning your operation cost terupdate

· Module / Handout training cost reduction, margin improvement terupdate

· FREE Flashdisk

· Sertifikat training konsep cost reduction, margin improvement murah

· FREE Bag or bagpackers (Tas Training)

· Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)

· 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner

· FREE Souvenir Exclusive

 

Please follow and like us:
error
Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *