TRAINING TENTANG MANAJEMEN MUTU PEKERJAAN PENGELASAN

PELATIHAN MANAJEMEN MUTU PEKERJAAN PENGELASAN

TRAINING TENTANG MANAJEMEN MUTU PEKERJAAN PENGELASAN

DESKRIPSI TRAINING TENTANG MANAJEMEN MUTU PEKERJAAN PENGELASAN 

Pengelasan adalah pekerjaan penyambungan dua buah logam dengan cara peleburan (fusi) dan menambahi atau tidak menambahi isian (filler) pada jalur penyambungan serta dengan menggunakan tekanan atau tidak menggunakan tekanan. Pengelasan banyak dilakukan pada konstuksi bangunan, baik bangunan permesinan dan atau bangunan sipil. Pembuatan tangki-tangki penampung memerlukan pengelasan ketika menyambung plat-plat baja yang digunakan pada konstruksi dinding tangki, dasar tangki dan atap tangki. Demikian pula pembuatan konstruksi kuda-kuda pada atap sebuah bangunan juga membutuhkan pekerjaan las. Selain digunakan untuk pekerjaan penyambungan konstruksi yang baru, sering pula pekerjaan pengelasan dilakukan untuk memperbaiki komponen mesin misalnya menyambung kembali poros yang patah, memperbaiki body mesin yang retak dan lain sebagainya. Mutu pekerjaan pengelasan sangat tergantung dari proses dan peralatan pengelasan, sifat-sifat fisis dan mekanis logam yang dilas, konstruksi dan desain sambungan las
serta personil pengelasan.

Karena keterbatasan, banyak pekerjaan yang didalmnya terdapat pekerjaan pengelasan terpaksa dikerjakan oleh pihak lain (dikontrakan). Pada kasus ini kontraktor, selaku pelaksana pekerjaan, wajib melakukan dokumentasi tentang pekerjaan pengelasan itu sehingga pengendalian mutu pekerjaan pengelasan dapat dirunut dari awal sampai akhir. Dokumen mutu pekerjaan pengelasan harus diawali dari saat sebelum pengelasan, saat pengelasan dilaksanakan dan sesudah pengelasan selesai dilakukan. Dokumen itu harus diketahui dan diperiksa kebenarannya oleh pemberi kerja.

Sebelum pengelasan harus diketahui secara pasti jenis logam yang akan dilas, prakiraan tegangan yang terjadi pada sambungan las, bentuk sambungan, dokumen sertifikasi personil (welder, welder inspector dan welding engineer), Welding Specification Procedure (WPS) dan lain-lain yang terkait. Selama pengelasan harus dipastikan proses dan peralatan sesuai WPS sementara setelah pengelasan selesai harus dipastikan jenis pemeriksaan yang telah dilakukan (Visual Test, X-ray, Ultrasonic Sound, Magnetic Test dll). Semua itu harus terdokumentasi dengan baik sehingga pemberi kerja dapat memastikan mutu pekerjaan las telah dilaksanakan dengan baik dari awal sampai akhir proses pengelasan.

TUJUAN TRAINING TENTANG MANAJEMEN MUTU PEKERJAAN PENGELASAN 

Kursus ini akan membahas : Proses dan Peralatan Pengelasan, Sifat Fisis dan Mekanis Logam Pada Pengelasan, Konstruksi dan Desain Sambungan Las, Inspeksi Pekerjaan Pengelasan (Destructive Test dan Non Destructive Test) dan Manajemen Mutu Pekerjaan Pengelasan.

MATERI TRAINING TENTANG MANAJEMEN MUTU PEKERJAAN PENGELASAN 

Teori meliputi :
1. Proses dan Peralatan Pengelasan
2. Sifat Fisis dan Mekanis Logam Pada Pengelasan
3. Konstruksi dan Desain Sambungan Las
4. Inspeksi Pekerjaan Pengelasan
5. Manajemen Mutu Pekerjaan Pengelasan

Praktek Meliputi :
1. Membahas jenis logam berdasarkan pengujian spectrography (siswa tidak melakukan pengujian sendiri, hasil uji disuplai dari pihak luar)
2. Menghitung tegangan pada jalur las
3. Menetapkan jenis kawat las
4. Menetapkan proses dan peralatan
5. Memperkirakan kemungkinan terjadinya cacat las
6. Menetapkan jenis inspeksi mutu las

PESERTA

Personil Teknik dengan pendidikan terakhir minimal D3.

METHOD
* Pembahasan Teori di kelas : 3 hari
* Praktek Pengelasan : 1 hari

INSTRUKTUR

Ir. Y. Agus Jayatun, MT

Jadwal infotraining-indonesia.com tahun 2020 :

21-23 Januari 2020

18-20 Februari 2020

17-19 Maret 2020

14-16 April 2020

16-18 Juni 2020

14-16 Juli 2020

11-13 Agustus 2020

8-10 September 2020

13-15 Oktober 2020

10-13 November 2020

15-17 Desember 2020

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan Diotraining.com :

  • Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (7.250.000 IDR / participant)
  • Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.750.000 IDR / participant)
  • Bandung, Hotel Golden Flower (7.750.000 IDR / participant)
  • Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)
  • Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2020 ini :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan di Diorama untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.

 

Technorati Tags: training talent managemen berbasis nlp pasti jalan,training melakukan seleksi dan wawancara berbasis talent dan kompetensi pasti jalan,training listening,questioning & summarizing skills in competency interview pasti jalan,training psychological aspects of competency interview pasti jalan,pelatihan talent managemen berbasis nlp pasti jalan,pelatihan melakukan seleksi dan wawancara berbasis talent dan kompetensi pasti running

Leave a Comment